Alokasi Suporter di Emirates Yang Membawa Masalah

Alokasi Suporter di Emirates Yang Membawa Masalah

Alokasi Suporter di Emirates Yang Membawa Masalah

Alokasi Suporter di Emirates Yang Membawa Masalah – Arsenal Football Club telah meremehkan dan tak menghargai suporter Liverpool saat memberi fans mereka setengah dari jatah kursi tim tamu untuk mendukung tim pujaannya di babak kelima Piala FA awal bulan lalu. Padahal status bentrok kedua tim adalah calon kuat juara Piala FA dengan gelar yang terbanyak daripada kontestan lain yang saat ini masih bertanding. Arsenal yang sudah puasa gelar selama 9 tahun lebih dan terakhir kali menjuarai Piala FA ditahun 2004 kelihatannya abai terhadap kemauan fans dan klub Liverpool. Dibawah peraturan Piala FA, klub yang sedang bertandang diijinkan untuk memiliki kuota 15% dari kapasitas kursi stadion tuan rumah. Ini berarti sekitar 9000 kursi bisa disediakan oleh manajemen Arsenal pada suporter Liverpool di Emirates Stadium. Sama dengan jumlah yang disediakaan untuk suporter Coventry City.

Alokasi Suporter di Emirates Yang Membawa Masalah – Namun the Gunners ternyata hanya menyiapkan 5168 kursi dan menjual dengan jumlah yang sama setelah menanggapi saran dari kelompok penasehat klub. Tentu alokasi yang tak sebanding dengan banyaknya jumlah suporter Liverpool yang datang ke London untuk mendukung tim pujaannya. Grup penasehat tersebut meminta maaf atas keputusan yang diklaim sebagai “perlindungan keamaan untuk suporter yang berada di tribun atas stadion”. Organisasi solidaritas suporter Liverpool, Spirit of Shankly, telah mengutarakan kekecewaannya terhadap keputusan Arsenal dan saya juga percaya, konyol bila mengatakan stadion modern dan baru tak mampu menampung sekitar 9000 suporter tandang dan mengakomodasi keselamatan mereka. Emirates adalah stadion berkapasitas 60 ribu penonton lebih dan baru diresmikan di tahun 2006, tentu muskil untuk membayangkan alasan keamanan sebagai penyebabnya.

Alokasi Suporter di Emirates Yang Membawa Masalah – Jika alasan untuk membawa suporter tandang berjumlah 9000 orang adalah demi alasan keamanan dan kenyamanan di stadion, lantas kenapa Coventry City diijinkan untuk memenuhi kuota suporter tandang saat bertanding di Emirates Stadium? Padahal Liverpool adalah salah satu klub besar di Inggris dan memiliki suporter lebih banyak, sungguh tak adil bila kuota suporter mereka di Emirates dikurangi dengan alasan tersebut. Bentrok kedua klub juga merupakan duel penting karena beberapa hari sebelumnya keduanya harus menghadapi pertarungan di Premier League. Bagaimana mungkin stadion semodern dan secanggih Emirates Stadium tak mampu menawarkan kenyamanan bagi orang dengan jumlah tersebut?

Alokasi Suporter di Emirates Yang Membawa Masalah – Hal seperti itu hanya dapat terjadi bila desain stadion Emirates memiliki cacat besar dan tampaknya mustahil stadion dengan cacat besar dalam desainnya bisa memiliki ijin pembangunan di kota London yang terkenal ketat dalam pemberian ijin bangunan. Arsenal harus melakukan hal yang tepat dan memberikan Liverpool alokasi penuh bagi suporter tandang mereka, dengan cara apapun dan tanpa permintaan maaf serta alasan tak masuk akal.