Mikel Arteta Jagokan City Juara Liga Inggris

Mikel Arteta Jagokan City Juara Liga Inggris

Mikel Arteta Jagokan City Juara Liga Inggris

Gelandang pengatur serangan Arsenal Mikel Arteta mewaspadai Manchester City. Bagi dirinya, memasuki paruh kedua di musim ini, perbedaan satu angka membuatnya yakin bahwa tim asuhan Manuel Pellegrini itu bisa menjadi salah satu kandidat kuat untuk meraih gelar domestik.  Sementara Arteta tidak menutup mata mengenai peluang timnya yang sangat sulit, jika mereka tidak mampu mendatangkan pemain baru di awal tahun ini, mengingat faktor lini depan sedang menjadi perkara besar bagi mereka, yang kehilangan dua penyerang sekaligus, Olivier Giroud dan Nicklas Bendtner. Arsenal boleh saja menduduki klasemen teratas Liga Premier dengan bangga, namun di bawah mereka sudah menunggu Manchester City dan Chelsea, yang siap menyodok mereka dari peringkat tersebut.

Kendati demikian, mantan punggawa Everton itu mengaku sangat yakin kalau Arsene Wenger masih membutuhkan penyerang baru pada bursa transfer periode kedua di awal tahun ini, dan ia mengklaim, kehilangan Giroud menjadi salah satu faktor kerugian dan mengancam perebutan gelar juara. Di musim kompetisi 2013-14, Arsenal telah mencetak gol sebanyak 39 kali, dan penyerang berkebangsaan Prancis, Giroud, menempati daftar top skor dengan torehan delapan gol – menyamakan Aaron Ramsey, sementara pesaing terdekatnya, City, sudah 57 kali menjebol gawang lawan di musim ini. “Ada suatu momen di mana kami tidak mampu menyelesaikan peluang dengan baik, dan terkadang anda membayar mahal atas kegagalan tersebut,” ungkap Arteta kepada salah satu stasiun radio Spanyol.

Kehadiran Mesut Ozil memang sangat membantu kami lebih banyak lagi dari segi menyerang, kecepatan dan juga meningkatkan kreativitas. “Tetapi kendala utama kami adalah minimnya seorang penyerang murni seperti yang dimiliki oleh Manchester City, yang bisa memilih cukup leluasa. Karena sangat penting jika kami bisa membuat ruang dan jarak, apalagi melihat kehadiran di sektor tengah, yang bisa merajalela dengan leluasa di sektor masing-masing sayap.” Nicklas Bendtner merupakan salah satu penyerang Arsenal yang berada dalam tekanan, dengan torehan dua gol saja di Liga Premier pada musim ini, namun Arteta sangat yakin rekan-rekannya bisa menyelamatkan diri dari tekanan seperti saat ini, apalagi bila Giroud dan Sanogo sudah pulih sepenuhnya dari cedera.

“Penampilan awal sudah terlihat sejak saya berada di sini dan ia tahu harus menunggu dan bersabar karena waktunya akan tiba, dan Olivier Giroud pun menuntaskan pekerjaannya dengan baik,” lanjut Arteta melalui situs resmi klub. “Saya masih ingat ketika pelatih lebih memilih untuk menurunkan Lukas Podolski di lini depan, atau ketika Bendtner kembalim saya melihat bahwa penampilannya cukup tajam dan ia semakin membahayakan. “Kami butuh tipikal pemain seperti itu, yaitu membantu menyerang tim ketika dibutuhkan.” Arteta juga memuji penyerang Manchester City, Sergio Aguero, Edin Dzeko dan Alvaro Negredo, yang keseluruhannya mampu berperan baik di seluruh kompetisi pada musim ini; dan pemain berkebangsaan Spanyol itu sangat yakin bahwa penampilan mereka bisa memberikan garansi dalam perebutan gelar juara. “City merupakan tim terkuat dari segi kualitas permainan saat ini,” puji Arteta. “Mereka memiliki keuntungan lebih banyak, karena dihuni oleh penyerang-penyerang terbaik yang bisa membawa perubahan.