Mourinho : Pelatih Inggris Harus Berpetualang

Mourinho  Pelatih Inggris Harus Berpetualang

Mourinho : Pelatih Inggris Harus Berpetualang

Pelatih Chelsea Jose Mourinho memberikan saran dan masukan terhadap sesama rekan kepelatihannya di seantero Inggris. Bagi Mourinho, kemampuan ahli strategi yang berada di Britania tidak kalah dengan yang ada di luar negeri, dan karena itu ia menganggap kesuksesan bisa dengan mudah diraih oleh pelatih-pelatih Inggris. Sebagai salah satu contoh, Mourinho menunjuk kepada Steve McClaren, yang sempat memilih untuk meninggalkan ranah Inggris dan mencari petualangan yang baru di tempat lain dan hal ini akan menambah jam terbang mereka dalam karir kepelatihan. McClaren – yang merupakan mantan pelatih tim nasional Inggris – setelah gagal menangani negaranya, kemudian memutuskan untuk meninggalkan negara tersebut dan menerima tantangan dengan membesut klub Eredivisie, FC Twente, kemudian juga sempat menangani klub Bundesliga, Wolfsburg.

Dan bahkan hanya di era kepemimpinan McClaren klub Belanda itu meraih kesuksesan di kompetisi domestik, dengan memberikan gelar Eredivisie pada kurun tiga tahun lalu dan ini merupakan pencapaian terbaik bagi pelatih berusia 52 tahun di kompetisi yang berada jauh dari kampung halamannya. Dan kendati ia mengaku bahwa keterampilan dari rival kepelatihannya di Inggris tidak kalah hebatnya dengan pelatih asing, Mourinho mengatakan bahwa pelatih Britania Raya seharusnya bisa menjejaki mantan pelatih Middlesbrough tersebut. “Saya tidak setuju dengan pelatih asing yang terlalu banyak di negara ini,” ungkap Mourinho. “Saya bahkan tidak melihat adanya sebuah alasan kesuksesan di balik itu semua, karena saya sama sekali tidak melihat pelatih Inggris dalam suatu tahapan tertinggal dari pelatih asing.

“Pengaruh dari negara lain memang sangat baik, karena anda dapat memahami kultur yang berbeda, namun menurut saya kultur utama harus seorang Inggris, dalam hal ini budaya Inggris yang sesungguhnya. “Namun saya pikir jika mereka tidak memiliki pekerjaan di negeri ini sebagai pelatih atau pemain, maka anda harus melangkah keluar, karena ini merupakan bagian dari sikap profesional. Oleh karena itu, pergi dan nikmatilah. Karena anda akan memperoleh kesempatan untuk kembali. “Di negara ini, orang-orang seharusnya tidak perlu menguatirkan untuk sedikit berpetualang, sama halnya dengan pelatih dari negara lain. “Tidak ada perbedaan yang mencolok di masing-masing negara. Sepakbola tetap sepakbola, jumlahnya juga 11 lawan 11, dengan memperebutkan satu bola dan dilengkapi dengan dua gawang, oleh sebab itu apa yang perlu dikhawatirkan?

“Untuk menyebrang ke negara lain tentu menjadi pengalaman yang menarik dan terkadang saya melihat pemain, pelatih Inggris sangat jarang mewarnai kompetisi di negara-negara lain. “Apa yang terjadi saat ini adalah bahwa mereka tidak menjalankannya, namun bila mereka terus bertahan, maka yang lain akan datang dan bahkan membanjiri Inggris.” Dan Mourinho bahkan memberikan apresiasi kepada McClaren, atas keterampilan dan keberhasilannya untuk bangkit dari hasil yang mengecewakan bersama tim nasional Inggris beberapa waktu lalu. “Bahkan saya sampai lupa kalau dia ternyata seorang Inggris tulen,” canda Mourinho. “Karena ia telah mengakhiri periode di Inggris dan karena itu ia memilih terus melangkah lebih baik lagi.

“Satu hal yang ada dalam benak ingatan saya jika anda bertanya mengenai Steve, maka hal itu tidak dicatatkan untuk Inggris, melainkan juga menjuarai kompetisi di Belanda. Ia benar-benar menunaikan tugasnya dengan baik. “Saya berbicara kepadanya dan mengucapkan selamat kepadanya saat meraih prestasi di Belanda, dan ini merupakan sebuah karir yang tidak mudah dan pernah dilewati olehnya. “Tentu saja ia harus menanggung sejumlah penderitaan, tetapi ia memilih untuk terus melangkah. Ia pergi ke Belanda, dan kemudian sempat ke Jerman. Sebuah budaya yang berbeda dan sepakbola yang baru.”