Siapa Yang Paling Pantas Mendapatkan Ballon d’Or

Siapa Yang Paling Pantas Mendapatkan Ballon d’Or

Siapa Yang Paling Pantas Mendapatkan Ballon d’Or

Rata-rata satu gol dalam empat pertandingan saja dan pada tahun ini sudah mengalami dua kali cedera yakni pada bulan Maret dan November adalah hal yang harus diterima Lionel Messi di tahun 2013 ini. Maka, banyak yang mengatakan Raja Leo akan turun dari tahtanya sebagai pemegang gelar Ballon d’Or yang secara berturut sudah dia raih sejak tahun 2009. Apalagi kemudian Cristiano Ronaldo menunjukkan sebuah kebrilianan yang sangat dominan. Belum lagi Ibrahimovic dengan sihirnya yang luar biasa dan bisa dibilang pada tahun ini sihirnya mencapai puncak terbaiknya. Ini masih ditambah oleh sepasukan pemain Bayern Munchen yang mendominasi Eropa pada musim lalu seperti Ribery dan Robben.

Memang bukan urusan kita yang menentukan siapa yang pada akhirnya mendapatkan Ballon d’Or sebagai bukti bahwa dia adalah pemain terbaik dunia. Tapi, mari kita lihat satu per satu yang paling mungkin mendapatkan Ballon d’Or selain Lionel Messi.

Pertama ada Xavi. Pemain Spanyol berusia 33 tahunini walaupun sudah berkepala tiga tetapi masih bisa memimpin para gelandang baik di tim nasional Spanyol maupun klub Barcelona tetapi sudah ada penurunan permainan dibandingkan lima sampai empat tahun lalu. Lalu, rekannya sesama Spanyol dan Barcelona yakni Andres Iniesta. Karena Messi cedera maka Iniesta lah yang mengendalikan serangan Barcelona, pada musim 2012/2013 dia menyelesaikan musim tersebut dengan assists yang menyamai Mesut Ozil yakni 20 assists. Dia meraih silver ball saat Piala Konfederasi kemarin hanya kalah oleh Neymar.

Lalu ada Franck Ribery. Ribery sepertinya menjadi favorit pada tahun ini untuk mendapatkan gelar tersebut. Pemain Prancis ini sedang dalam karir terbaiknya, konsistensi permainan serta rajin mengirim umpan dan sering mencetak gol, tidak diragukan lagi Ribery sedang berada dalam top form. Ribery berkontribusi sangat besar atas dominasi Bayern Munchen baik di Liga Jerman maupun di Liga Champions Eropa. Treble Winner yang dinanti Munchen akhirnya tiba juga setelah sekian lama menanti.

Cristiano Ronaldo juga disebut-sebut sedang dalam masa terbaik dalam karirnya pada tahun ini. 66 gol dari 56 penampilan sejauh ini. Ronaldo secara statistik jika dibandingkan Messi adalah untuk pertama kalinya melampau pemain Barcelona tersebut. One man show-nya melawan Swedia ketika play off Piala Dunia kemarin semakin menampilkan bahwa dia adalah seorang pemain jempolan yang pantas mendapatkan lebih dari sekedar bola perak. Terakhir adalah Zlatan Ibrahimovic. Mungkin Ibra bermain di klub medioker juga tim nasional medioker. Tetapi, Ibra dengan sulapnya lalu mengatakan “Ibrakadabra” kemudian tiba-tiba PSG juga bisa setara dengan klub-klub Eropa lainnya karena magnet dirinya. Tetapi untuk Swedia, Ibra gagal menunjukkan performanya walaupun terkadang dia mencetak gol-gol ajaib. Paling fenomenal tentu saja adalah gol luar biasanya ke gawang Joe Hart saat Swedia kontra Inggris.